BADAMI - Forum Bandung Smart City

Implementasi Bandung Smart City
Jadwal Kegiatan:

  05 September 2018 - 09:00  s/d  05 September 2018 - 15:00

Lokasi : el Royale Hotel Bandung, Jalan Merdeka No. 2, Kota Bandung, Jawa Barat

Implementasi dan evaluasi Bandung SmartCity

Event Public
Acara Implementasi Bandung Smart City

#TIK #Koordinasi
user-img   Bandung Smartcity

Bandung Smartcity

Join: 28 Juni 2018 05:52
Post: 597

  |   78 0   |   12:06 04 September 2018

 

Latar Belakang

Kota merupakan pusat peradaban dan pusat kehidupan manusia. Keberadaan kota terus berubah dan mengalami perkembangan signifikan  serta  membawa  pengaruh besar  dalam  pola  hidup  manusia. Perkembangan  teknologi yang  semakin  pintar  membuat  konsep smart tidak  hanya  diterapkan  pada  berbagai perangkat, tetapi juga pada berbagai sistem atau tatanan. Salah satunya yang mencuat akhir-akhir ini adalah konsep smart city.

Konsep yang disebut sebagai kota cerdas ini adalah sebuah konsep tatanan kota cerdas berbasis pelayanan, bersifat transparan dan berperan  dalam  memudahkan masyarakat untuk mendapatkan informasi secara cepat dan tepat. Dimana dalam hal ini kota memberikan pelayanan publik yang mudah diakses tanpa terbatas lokasi dan waktu. Selain itu, konsep kota pintar ini juga memang dihadirkan sebagai jawaban untuk pengelolaan sumber daya secara efisien. Dukungan aplikasi yang terus berkembang serta terciptanya ekosistem kreatif di bidang teknologi, merupakan langkah awal yang baik menuju kota pintar. Namun pada kenyataannya smart city tidak hanya berkaitan dengan teknologi. Konsep ini merupakan kombinasi antara teknologi baru dengan pola pikir cerdas tentang penggunaan teknologi dalam sebuah organisasi.

Namun sayangnya pemerintah Kota Bandung belum secara optimal memberikan informasi kepada masyarakat di Kota Bandung mengenai smart city ini. Dari riset yang sudah dilakukan, ternyata masih banyaknya masyarakat Kota Bandung (terutama usia 40 tahun kebawah) belum mengetahui adanya konsep Bandung Smart City. Setelah melakukan observasi dan wawancara kepada berbagai pihak terhubung mengenai Bandung Smart City, faktanya masih minimnya media promosi yang digunakan oleh pemerintah Kota Bandung, kebanyakan informasi diberikan secara verbal melalui konferensi pers, penyuluhan kepada Komunitas Informasi Masyarakat dan melalui media seperti radio, koran juga brosur yang berkaitan langsung dengan kepemerintahan yang memuat seluruh program kerja pemerintah. Sedangkan generasi muda di Kota Bandung pada saat ini bisa dikatakan kurang akrab dengan media-media tersebut. Dalam permasalahan ini, perlu adanya media promosi yang tepat, efektif dan menarik serta dapat menyajikan segala informasi mengenai Bandung Smart City sehingga masyarakat khususnya generasi muda di Kota Bandung lebih paham dan tertarik untuk berpartisipasi dalam mensukseskan konsep Bandung Smart City.

Oleh karena itu, melalui acara Implementasi Bandung Smart City akan disajikan hasil evaluasi capaian segala bentuk informasi mengenai Bandung Smart City secara tepat dan efektif kepada semua Unsur Pemerintah dan Masyarakat Kota Bandung.  Selain itu mampu menampilkan seluruh konsep Bandung Smart City dengan lengkap, cepat dan terbarukan melalui website Bandung Smart City yang dapat diakses sebagai sarana promosi hingga ke seluruh wilayah di Indonesia bahkan Dunia.

 

Maksud dan Tujuan

  1. Maksud

Maksud dari kegiatan Implementasi Bandung Smart City adalah sebagai bentuk evaluasi capaian dan sarana peningkatan promosi yang memperkenalkan dan menyajikan segala bentuk informasi mengenai Bandung Smart City secara tepat dan efektif kepada semua Unsur Pemerintah dan Masyarakat Kota Bandung.

  1. Tujuan

Adapun tujuan dari kegiatan Implementasi Bandung Smart City diatas adalah tersampaikannya evaluasi seluruh konsep Bandung Smart City dengan lengkap, cepat dan terbarukan kepada semua Unsur Pemerintah dan Masyarakat Kota Bandung.

 

Ruang Lingkup

Ruang lingkup kegiatan ini meliputi:

  1. Pemaparan Hasil Evaluasi Smart City

Kadiskominfo menyampaikan hasil Evaluasi Smart City

  1. RKCI (Rating Kota Cerdas Indonesia) ITB.
  2. Evaluasi SPBE (Sistem Pemerintah Berbasis Elektronik) Kemenpan RB.
  3. Evaluasi Smart City Kemenkominfo.
  4. Evaluasi Mandiri Smart City Kota Bandung.
  1. Arahan Bapak Wali Kota Bandung

 

  1. Panel Diskusi (Dewan Smart City)

Diskusi Tantangan dan Peluang serta Kelemahan dan Kelebihan Implementasi Smart City Kota Bandung selama 5 (Lima) Tahun.

 

  1. Forum Komunitas Bandung Smart City (BSC)

Forum yang menampung komunitas inovator yang peduli terhadap perkembangan Inovasi Kota Bandung untuk saling berkolaborasi baik itu dari Masyarakat, Startups, Investor, Perguruan Tinggi maupun Pemerintah.

 

  1. Interactive Bandung Smart City (BSC)

Fitur-fitur yang ada pada website dibagi antara lain:

  1. About Bandung Smart City
  2. Cluster (Dimensi) Smart City

Cluster (Dimensi) Smart City terdiri dari 6 (enam) yaitu: Smart Governance (Pemerintahan Cerdas), Smart Branding (Branding Cerdas), Smart Economy (Ekonomi Cerdas), Smart Living (Pola Hidup Cerdas), Smart Society  (Masyarakat Cerdas) dan Smart Environment (Lingkungan Cerdas).

 

Keluaran/Output Kegiatan

 Keluaran/Output kegiatan ini meliputi:

  1. Laporan dan Dokumentasi Hasil Kegiatan.

 

Lokasi Kegiatan

Kegiatan Implementasi Bandung Smart City dilaksanakan di el Royale Hotel Bandung, Jalan Merdeka No. 2, Kota Bandung, Jawa Barat.

 

Waktu dan Pelaksanaan Kegiatan

Hari / Tanggal

Jam

Acara

Narasumber

Rabu, 05 September 2018

08.30 – 09.00

Registrasi

Panitia

el Royale Hotel Bandung

09.00 – 09.10

Pembukaan

Sonata

Jl. Merdeka No. 2

09.10 – 09.20

Laporan Penyelenggara

Kadiskominfo

 

09.20 – 09.35

Persembahan dari Diskominfo

Diskominfo Kota Bandung

 

09.35 – 10.00

Arahan dari Bapak Wali Kota Bandung

Wali Kota Bandung

 

10.00 – 10.15

Video Website Bandung Smart City

Diskominfo Kota Bandung

 

10.15 – 12.00

(Panel)

Paparan terkait Bandung Smart City

Dewan Smart City

 

12.00 – 13.00

Ishoma

 

 

13.00 – 14.30

Sosialisasi Produk Tata Kelola TIK

Diskominfo Kota Bandung

 

14.30 – 15.00

Penutup

 

 Kegiatan dilaksanakan di Kota Bandung....



Belum terdapat komentar untuk thread ini.