BADAMI - Forum Bandung Smart City

Share Info Public
Penataan Bangunan Bersejarah dalam upaya pelestarian dan seni budaya


user-img   Bandung Smartcity

Bandung Smartcity

Join: 28 Juni 2018 05:52
Post: 565

  |   4 0   |   06:28 27 Juni 2018

Program ini sebagai upaya pelestarian dan seni budaya, sehingga dapat terpeliharanya Bangunan Sejarah dan Bangunan kuno di Kota Bandung sebagai aset Budaya Pelaksana dan pengusulan anggaran untuk program ini adalah Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman, Pertanahan dan Pertamanan, sumber pembiayaan dari APBD Kota Bandung dan CSR. Program ini bekerjasama dengan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata dan Dinas Tata Ruang.



user-img   Bandung Smartcity

Bandung Smartcity
Join: 28 Juni 2018 05:52
Post: 565

  |   0   |   15:10 15 Januari 2019
#1

Mengenal sejarah Kota Bandung di Museum Kota Bandung                                                                          

 

museum kota bandung

Source : https://www.instagram.com/potter.ja/?hl=id 

 

Kota Bandung memiliki satu lagi museum yang wajib di kunjungi, museum ini khusus mencertikan sejarah Kota Bandung, museum yang sudah diresmikan pada tanggal 31 oktober 2018 ini bisa menjadi salah satu pilihan destinasi wisata edukatif/sejarah di Kota Bandung.

Apa saja yang bisa kita lakukan di Museum ini? di area pertama kita bisa melihat koleksi foto dan gambar yang memamerkan perjalanan awal mula Kota Bandung.

Kemudian yang kedua ada Ruang Bandung Europe in the tropen (Eropa di negeri tropis) yang berisikan materi mengenai perjalanan Kota Bandung sebagai kota kolonial. 

 

       

Source : humas.bandung.go.id                                    Source : bisnis.com

 

Museum yang berada di pusat Kota Bandung ini terletak di Jl. Aceh No.47, beroperasi setiap hari mulai pukul 10.00 – 17.00 WIB. FYI untuk masuk museum ini kita tidak di pungut biaya loh alias gratiss.

user-img   Bandung Smartcity

Bandung Smartcity
Join: 28 Juni 2018 05:52
Post: 565

  |   0   |   14:37 18 Februari 2019
#2

Pameran Radio Antik di Museum Kota Bandung

radio1

Tau ga sih tanggal 13 Februari itu diperingati sebagai hari Radio Sedunia?, mungkin beberapa diantara kita masih ada yang belum tau kalau sejak tahun 2011 mulai di peringati Hari Radio di seluruh dunia.

Peringatan Hari Radio Sedunia pertama diusulkan oleh Kerajaan Spanyol pada 20 September 2011. Mengutip dari laman resmi Komisi Penyiaran Indonesia (KPI), usul itu disetujui dan mulai diproklamirkan pada 3 November 2011 di Konferensi Umum ke-36 UNESCO.

Setelah UNESCO berkonsultasi dengan berbagai pihak mengenai peringatan Hari Radio Sedunia ini, rupanya banyak yang setuju sehingga Majelis Umum PBB mengesahkan Hari Radio Sedunia pada Desember 2012 dalam dokumen UNESCO 187 EX/13.

Inti dari kenapa hari Radio diperingati setiap tahunnya, ada untuk mengingat betapa bermanfaatnya radio bagi penyebaran informasi dan radio juga yang menemani setiap hari kita sebelum adanya teknologi-teknologi yang berkembang hingga saat ini.

Nah dalam rangka hari Radio Sedunia ini Museum Kota Bandung mengadakan Pameran Radio Antik, sebagai wujud kecintaan para kurator radio ini bagi semua pencinta dan pendengar radio untuk nostalgia dengan macam-macam radio dari masa ke masa.

 

radio2           radio3           radio4

Kalian wajib sih dateng ke pameran ini, soalnya lebih dari 20 radio antik di pamerkan di radio ini, mulai dari ukuran terkecil hingga terbesar, dari tahun produksi, dan masing-masing ke unikan dari setiap radio yang di pamerkan. Dan ternyata radio zaman dulu itu udah cukup canggih loh mungkin kita hanya tau kalo radio itu terbatas dengan frekuensi dan kita yang ada di indonesia hanya bisa mendengarkan siaran radio yang ada di indonesia aja atau yang ada di kota kita aja, tapi ternyata di zaman dulu pun radio mereka sudah bisa mendengarkan siaran internasional meskipun tidak semua negara. Zaman dulu itu setiap daerah hanya memiliki satu stasiun radio, tidak seperti sekarang satu kota bisa memiliki stasiun radio lebih dari satu.

Radio-radio yang dipamerkan sebagian besar sudah tidak berfungsi, tapi jangan kuatir tampilan masih terawat dan kece ko malah tidak terlihat seperti radio lama yang sudah tidak berfungsi. Untuk yang berminat membeli radio pun disana ada juga radio yang dijual dan desain dari radionya pun sangan unik dan detail sekali. Buat yang mau beli mungkin harganya akan sedikit menguras dompet kalian, tapi kalo kalian suka kalian ga akan nyesel ko belinya.

Daripada kalian penasaran, mending kalian datang langsung deh pameran radionya masih bakalan hadir sampe tanggal 21 Februari 2019, pameran ini gratiss yah kalian cuma diminta untuk ngisi daftar hadir aja. Selamat menikmati suguhan Radio-radio antik.