BADAMI - Forum Bandung Smart City

Share Info Public
Pengembangan Pelayanan Publik Rumah Sakit Umum Daerah


user-img   Bandung Smartcity

Bandung Smartcity

Join: 28 Juni 2018 05:52
Post: 619

  |   104 0   |   14:36 29 Juni 2018

a. Interoperabilitas Informasi Publik


Penjelasan Singkat :
Berangkat dari kewajiban untuk menyediakan Informasi Publik yang mudah didapatkan oleh publik, RSUD Kota Bandung telah menyediakannya melalui situs bandung.go.id .Tetapi selama ini, informasi yang diberikan oleh RSUD Kota Bandung hanyalah dalam format berkas yang kurang fleksibel untuk diolah kembali, seperti PDF, dan terbatas dalam satu domain saja. Interoperabilitas Informasi Publik dalam bentuk Antarmuka Pemrograman Aplikasi ini diharapkan dapat mengatasi ketidakfleksibelan dan keterbatasan tersebut.


Program ini bertujuan memberikan kemudahan bagi aplikasi lain untuk melakukan pengambilan informasi publik dari RSUD Kota Bandung. Tersedianya Interoperabilitas Data melalui Antarmuka Pemrograman

Aplikasi yang bisa dimanfaatkan untuk pengambilan informasi publik dari RSUD Kota Bandung.


Manfaat :
Mempermudah aplikasi-aplikasi dari pihak-pihak yang berkepentingan dalam pengambilan Informasi secara mentah dari RSUD Kota Bandung untuk diolah dan dimanfaatkan, seperti untuk kepentingan data statistik.


Keunikan/kreatifitas :
Penerapan interoperabilitas data untuk penyajian Informasi Publik dalam lingkup Instansi Pemerintahan


Pengembangan dan replikasi :
Pengembangan akan dilakukan sejalan dengan berubahnya kebijakan informasi publik. APAIP dapat direplikasi di semua Organisasi Pemerintahan, mengingat kesamaan pada sebagian besar informasi dalam DIP


Strategi Keberlangsungan :
Pembuatan kesepakatan bersama dengan para pihak yang berkepentingan dengan Informasi Publik dari RSUD Kota Bandung.


Rencana pelaksanaan dan penganggaran program ini akan diusulkan melalu Rumah Sakit Umum Daerah Kota Bandung, dengan sumber pembiayaan dari APBD, BLUD.

 

b. Klinik Sore


Program ini bertujuan untuk memberikan pelayanan kesehatan rawat jalan di sore hari sehingga dapat menampung para pasien yang tidak dapat berkunjung pada pagi hari. Rencana pelaksanaan dan penganggaran program ini akan diusulkan melalu Rumah Sakit Umum Daerah Kota Bandung, dengan sumber pembiayaan dari APBD, BLUD.

 

c. Kios Informasi Pengunjung Elektronik



Kemudahan mendapatkan informasi mengenai pelayanan dan administrasi sudah merupakan sesuatu yang standar bagi instansi yang melayani publik secara langsung. -- Saat ini di RSUD sudah terdapat sarana bagi pengunjung untuk bisa mendapatkan informasi pelayanan dan administrasi tetapi belum mencakup semua titik konsentrasi --- Kios informasi elektronik ini untuk melengkapi kekosongan tersebut, dan akan berisi informasi pelayanan, administrasi, dan penyuluhan yang bisa dioperasikan secara interaktif oleh para pengunjung.


Program ini bertujuan untuk memberikan informasi seputar pelayanan dan penyuluhan kesehatan serta administratsi bagi para pasien dan pengunjung secara elektronik dan interaktif melalui penyediaan kios-kios informasi yang dilengkapi dengan aplikasi elektronik di ruang-ruang tunggu, ruang perawatan dan administrasi.


Manfaat :
Kemudahan memberikan informasi secara terpusat bagi RSUD Kota Bandung, dan kemudahan untuk mendapatkan informasi bagi pengunjung secara lebih menyeluruh dalam satu tempat


Keunikan/kreatifitas :
Informasi yang diperlukan dapat dicari dan disaring secara langsung dan interaktif oleh pengunjung karena sarananya akan dalam bentuk 'papan-sentuh' berukuran cukup besar.


Pengembangan dan Replikasi :
Pengembangan akan terus dilakukan dalam hal fitur aplikasi sesuai dengan kebijakan, juga berdasarakan saran dan masukan dari para penggunanya. Replikasi aplikasi dapat dilakukan sepanjang informasi dan target penggunanya sama.


Strategi Keberlangsungan :
Konsistensi kerjasama antara bagian humas dengan sumber informasi dalam memberikan informasi yang terkini untuk dipublikasikan.
Rencana pelaksanaan dan penganggaran program ini akan diusulkan melalu Rumah Sakit Umum Daerah Kota Bandung, dengan sumber pembiayaan dari APBD, BLUD.

 

 



Belum terdapat komentar untuk thread ini.