BADAMI - Forum Bandung Smart City

Share Info Public
Sebelum Bermain dan Download Game PC Perhatikan Hal2 ini

game
user-img   



Join: 07:00
Post: 0

  |   362 0   |   19:30 14 Agustus 2020

Belakangan ini, sudah banyak sekali cara untuk bermain games di pc. Salah satunya adalah dengan membeli laptop yang kuat untuk bermain game agar dapat main dimanapun kalian berada.

Tetapi, diluaran sana laptop gaming mempunyai harga yang relative mahal dengan spesifikasi yang cocok untuk bermain game.

Banyak orang yang mengatakan bahwa untuk urusan gaming, lebih baik menggunakan PC daripada laptop. Salah satu kelebihan PC adalah kemudahan dalam upgrade.

Tetapi, laptop juga punya nilai plus, salah satunya adalah simple, efisien, dan mudah dibawa.

Untuk kali ini, saya ingin bahas tentang bagaimana cara memilih laptop gaming yang bagus sehingga kita bisa main game yang kalian ingin mainkan pada waktu jam istirahat.

1. Perhatikan seri chipset VGA, dan bukan besarnya memory VGA

Kesalahan yang dilakukan banyak orang ketika membeli laptop, yaitu melihat besar memory sebuah VGA atau VRAM daripada chipset-nya. Padahal yang perlu dipehatikan adalah chipsetnya yang paling penting.

Contoh misalkan NVIDIA GeForce GT 720M. Digit pertama menunjukkan generasinya, artinya generasinya adalah generasi 7. Digit kedua dan ketiga menunjukkan tingkat kelas atau performanya. Semakin tinggi, semakin bagus performanya.

Yang paling diperhatikan adalah digit kedua dan ketiga. Kalian bandingkan dengan yang seri 635M. Walaupun generasinya dibawah, tetapi memiliki performa yang lebih bagus daripada yang 720M.

2. Jangan mengabaikan peran processor

Banyak orang lebih prioritaskan VGA daripada Processor.

Sebenarnya tidak salah, tapi perlu diperhatikan bahwa peran processor tidak bisa dianggap remeh karena semakin banyak game yang melakukan perhitungan yang kompleks pada processor.

Selain itu, banyak inti/core yang dimiliki processor yang dapat meringankan proses rendering.

3. Besar RAM yang dimiliki Laptop

Semakin besar RAM yang dimiliki, semakin lancar proses multitasking.

Jangan terlalu pokus dengan clock speed RAM karena rata-rata game saat ini lebih mengutamakan kapasitas RAM daripada clock speed.

4. Perhatikan kapasitas Hard Disk / SSD

Pastikan kapasitas hard disk minimal 256GB. Kurang juga tidak apa-apa, akan tetapi semakin sedikit game yang bisa kalian install di laptop itu.

Dan kalian juga harus menyediakan beberapa Gigabyte agar komputer atau pc bisa berjalan dengan baik, tidak terlalu penuh.

5. Ukuran layar laptop

Ukurang layar laptop juga harus diperhatikan. Terlalu kecil, maka kalian tidak bisa menikmati game pc dengan baik.

Minimal ukuran layar untuk game adalah 14”. Jika ingin lebih menarik lagi pengalaman bermainnya, carilah laptop dengan ukuran 15”-17”.

6. Pilih laptop yang memiliki port yang beragam

Laptop dengan beragam konektivitas sangatlah baik. Minimal, harus ada USB 2.0 port, USB 3.0 port, HDMI port, dan D-Sub port.

Kegunaan port tersebut yaitu untuk menghubungkan mouse, keyboard, dan controller-controller lainnya. Kurang enak rasanya jika kalian menggunakan keyboard bawaan laptop (kecuali kalian sudah terbiasa bermain di laptop).

Gimana? Tips ini dapat membantu kalian memilih laptop yang sesuai untuk memenuhi kebutuhan main game kamu!

Persiapan Sebelum Download Game di Laptop & PC

Beberapa hal berikut ini harus kalian ketahuai sebelum download game pc ke laptop maupun PC.

- Saat mendownload sebuah game pastikan kalian harus benar-benar mengklik tautan atau link yang benar-benar disediakan oleh penyedia game. Biasanya tautan atau link ini berwarna biru bergaris bawah atau tombol download.

- Sebaiknya menggunakan aplikasi download seperti Internet Download Manager (IDM) untuk mendownload game. Selain bisa lebih cepat, IDM juga membantu merapikan hasil download dengan secara otomatis memasukkannya ke dalam folder khusus. Hal ini dilakukan agar kalian tidak kehilangan jejak file game yang berhasil didownload.

- Proses download bergantung kecepatan internet dan besar kapasitas file yang didownload. Semakin besar game yang didownload, semakin lama juga proses downloadnya.

- Pastikan laptop atau PC telah aman dijaga oleh antivirus andalan kalian. Game yang didownload, seperti halnya banyak aplikasi lain juga sering ditumpangi penyusup seperti virus dan malware.

Nah itulah beberapa tips sebelum kalian bermain dan download game pc yang harus diperhatikan demi kelancaran dan kenyaman saat bermain.



Belum terdapat komentar untuk thread ini.