BADAMI - Forum Bandung Smart City

Share Info Public
Tips Pintar Menjadi Anak Kost

Tempat Kost
user-img   Candra Bi

Candra Bi

Join: 15 Januari 2020 20:05
Post: 72

  |   58 0   |   21:16 20 Februari 2020

Baru mulai merantau? Atau sudah lama jadi anak rantau tetapi uang sudah selalu habis di tengah bulan? Maka kamu perlu ide langkah hidup irit anak kost atau perantauan. Harus disadari jika merantau bukan hal yang gampang untuk dikerjakan, tetapi tak perlu diambil pusing sebab ada banyak langkah agar kamu dapat bertahan tinggal di perantauan.

Buat yang baru belajar hidup jauh dari orangtua, kemungkinan sedikit akan terkejut sebab semua yang akan kamu kerjakan sekarang mulai serba sendiri. Jika umumnya di dalam rumah banyak yang dapat kamu kerjakan serta lakukan, sekarang di tempat kost cuma beberapa pekerjaan yang dapat ditangani. Kamu pun tidak dapat tetap memercayakan orangtua atau saudara serumah .

Merantau keluar daerah dapat juga jadi rintangan tertentu. Enjoy serta dibikin semenyenangkan mungkin. Pikirkan kamu akan memiliki rekan-rekan baru dan pengalaman-pengalaman hebat. Tetapi sekarang kamu harus juga mulai cari langkah hidup irit anak kost atau perantauan ala kamu sendiri.

Sekarang anak kost kelihatan lebih mandiri serta dewasa, ini dapat jadi point plus jika kelak kamu bertemu calon mertua atau waktu akan cari pekerjaan lho. Tetapi tahukah kamu jika mengelola keuangan waktu kuliah jauh dari orangtua ialah hal yang susah?

Jika tidak ingin membuat orangtua ribet, kamu harus belajar mengelola keuangan sebaik-baiknya. Walau tinggal di kota metropolitan seperti jakarta dengan pola hidup yang kekinian serta lumayan mahal, tetap keuangan harus kamu mengatur sehemat kemungkinan.

Begitu halnya di daerah-daerah yang ongkos hidupnya benar-benar murah. Semakin lebih bagus bila kamu dapat cari lowongan kerja freelance atau lowongan kerja part time untuk meningkatkan penghasilan.

Inilah Beberapa Tips Menjadi Anak Kost

Sebagai anak rantau umumnya kita tetap kalap mata serta tergiur dengan jajanan, potongan harga serta beberapa barang yang berada di minimarket. Walau sebenarnya kelak jika diakhir bulan tentu bingung langkah memutar uang sebelum bisa kiriman.

Pada akhirnya harus meminta orangtua juga. Wah, waktu kamu ingin tergantung terus sich sama orangtua? Dibanding terus jadi beban, kamu dapat kok manfaatkan sebaik-baiknya uang yang dikirim orangtua. Oke, kesempatan ini kita akan mengulas langkah menabung serta langkah irit ala anak kost. Yuk, langsung dibaca!

Buat Daftar Belanja Bulanan

Saat ini kamu telah mulai tinggal sendiri, jadi barang yang akan kamu beli untuk dirimu sendiri, tidak dibagi dengan satu keluarga. Umumnya tentu mama yang beli serta kamu tinggal gunakan, demikian selanjutnya.

Tetapi dalam tempat kost? Mustahil ibu kost ingin beliin kamu barang untuk keperluan setiap hari kan? Mari, mulai belajar untuk mengatr barang yang kamu perlukan setiap hari. Tiap awal bulan atau akhir bulan, coba pikirkan beberapa barang yang kamu butuhkan. Sebelum berbelanja bikinlah daftar belanjaan tiap bulan sebutlah saja jadi daftar berbelanja bulana anak kost. Ingat, barang yang perlu kamu beli cuma yang ada dicatatan saja ya.

Selanjutnya upayakan tak perlu bawa serta trolly yang besar sebab takutnya kamu justru kalap mata serta masukin semua yang menurut kamu menarik walau sebenarnya tidak perlu sekali.

Ya, pisahkan barang yang betul-betul penting. Jika dapat mencari yang beli satu gratis satu atau potongan harga. Eits, bukan bermakna semua barang diskonan harus kamu beli ya. Jika ingin beli yang tidak penting tetapi lucu bagaimana?

Masukin ke wish daftar dahulu saja, kelak jika dapat uang kiriman serta nyatanya uang bulan tempo hari masih baru dibeli. Belajar hidup prihatin dahulu tidak papah ya.

Buat Tabel Pengeluaran Anak Kost

Hmm langkah ini dapat dibuktikan ampuh untuk mengirit pengeluaran kamu tiap bulan lho. Dengan ini kamu bertambah gampang dalam memakai uang. Baik untuk berbelanja bulanan, untuk makan atau untuk jalan sama rekan-rekan.

Kamu dapat juga lihat untuk apa uang yang kamu mengeluarkan dalam satu bulan ini. Apa untuk hal yang perlu atau mungkin tidak, jadi kamu dapat revisi pengeluaran tiap bulan. Umumnya anak rantau yang telah lama merantau belum pernah pikirkan langkah ini, jadi uang cepat habis sebab tetap mengalir keluar. Janganlah sampai kamu ini!

Punya Sahabat yang Bukan Anak Kost

Carila teman dekat yang tempat tinggalnya berada di wilayah kamu tinggal, bukan anak perantauan juga. Bukan tujuannya pilih-pilih rekan, tetapi jika memiliki teman dekat semacam ini kamu dapat juga irit makan atau biaya transportasi.

Pertama kamu dapat kadang-kadang meminta makan sama ia atau nebeng ke kantor serta ke universitas kan jika uang minim? Kamu dapat juga meminta pertolongan ke ia jika kamu perlu suatu hal yang menekan atau sedang kesepian waktu semua rekan kost pulang kampung.

Tetapi, jangan jadi menyusahkan juga.  Berarti jika tidak betul-betul menekan ya tak perlu merepotkan atau meminta pertolongan ia. Teman dekat itu baik kok, jadi tanpamu meminta jika dia paham kamu anak kost yang kelaparan tentu diberi makan. Hehe!

Beli bahan Makan Sendiri


Upayakan untuk tidak selamanya beli makanan di luar sebab ini akan membuat pengeluaran jadi membengkak. Coba kalkulasi berapakah kali kamu makan dalam satu hari? 3x? Sekali makan tentu lebih dari 5ribu? Duh, jadi dalam satu hari kamu telah keluarkan lebih dari 25ribu untuk makan.

Sayang sekali kan jika walau sebenarnya kamu dapat mengakalinya dengan memasak sendiri di kost. Jika tidak ada dapur ya minimum kamu bawa serta magis com agar dapat masak nasi sendiri. Cukup untuk masak mie di larut malam waktu lapar. Dapat berhemat serta lebih praktis itu gampang kan?

Cari Barang yang Minimalis

Langkah hidup irit anak kost atau perantauan yang penting kamu kerjakan setelah itu beli beberapa barang yang minimalis. Seperti shampoo sachet, sabun batangan, deodorant sachet dan lain-lain. Dengan ini kamu tidak memakainya kebanyakan sebab takut akan cepat habis.

Harga tambah murah serta umumnya banyak promosi untuk kebutuhan-kebutuhan semacam ini. Jika memiliki rekan sekamar juga bisa gabung barang-barang atau patungan untuk beli peralatan setiap hari. Lebih irit!

Nabung Awal Bulan

Ini penting ya! Berusahalah untuk menyisihkan uang bulanan sesudah mendapatkan upah atau kiriman dari orangtua. Mengapa diawalnya bulan? Umumnya diawalnya bulan kamu akan merasakan kaya lantas terkadang beli banyak barang, karena itu uang tetap habis sebelum gajian atau bisa kiriman.

Ini langkah untuk mengakalinya, disamping itu jika diakhir bulan kamu membutuhkan uang untuk keperluan menekan kamu tak perlu bingung serta harus meminta orangtua. Jika memang hoby berbelanja, kamu dapat berbelanja diakhir bulan. Enak yah jika diakhir bulan dapat berbelanja banyak barang?

Bekerja Paruh Waktu

Jika semua langkah telah kamu coba tetapi belum juga sukses, coba untuk cari lowongan kerja freelance atau kerja part time. Jika kamu telah kerja ya coba untuk mencari kerja freelance yang dapat kamu lakukan dari kost serta tidak terpacu oleh waktu kerja. Saat ini kan banyak lowongan kerja freelance di kota kota besar, dan beberapa daerah yang lain.

Kerja seseparuh sesi dapat nambah uang jajan serta tidak buat kamu kekeringan waktu akhir bulan sebab memiliki banyak tabungan serta bisa penghasilan dari faksi lain. Syukur-syukur dapat membantu bayar kuliah, bertambah mengurangi beban orangtua.

Oke, itu tadi adalah beberapa cara hidup hemat anak kost. Mudah-mudahan dapat menolong kamu dalam mengelola keuangan sepanjang kamu merantau jauh dari keluarga tersayang. Pastolan kamu akan mengerjakannya tiap bulan agar dapat hidup super irit ala kamu sendiri. Untuk informasi serta panduan menarik sekitar anak kost,



Belum terdapat komentar untuk thread ini.